Cari Artikel Lainnya disini:

Sabtu, 08 Oktober 2011

PENGERTIAN BOILER

Boiler adalah bejana bertekanan dengan bentuk dan ukuran yang didesain untuk menghasilkan uap panas atau steam. Steam dengan tekanan tertentu kemudian digunakan untuk mengalirkan panas ke suatu proses.

Prinsip kerja dari boiler (Saturated steam) bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

  • Air Umpan setelah melalui proses pretreatment di softener atau air condensate dipompakan ke economizer.
  • Di economizer terjadi pemanasan awal yang memanfaatkan panas buang di chimney. Pemanasan awal dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dari boiler.
  • Selanjutnya air umpan masuk ke dalam ketel tapi sebelumnya diberikan chemichal sesuai dosis yang ditentukan.
  • Setelah itu air umpan yang mengalami pemanasan didalam ketel uap berubah fasa menjadi steam dan siap didistribusikan.
  • Setelah steam berubah fasa kembali menjadi air (air condensat) maka bisa kembali dipompakan kedalam ketel kembali. Air make up hanya digunakan untuk menggantikan hilangnya air akibat proses blowdown.

SISTEM BOILER
  • Sistem Air umpan
Air umpan adalah air yang disuplai ke boiler untuk dirubah menjadi steam. Sedangkan sistem air umpan adalah sistem penyediaan air secara otomatis untuk boiler sesuai dengan kebutuhan steam. Ada dua sumber Air umpan, yaitu:
o     Kondensat : steam yang telah berubah fasa menjadi air (mengembun)
o     Air make up : air baku yang sudah diolah

Untuk meningkatkan efisiensi boiler air umpan sebelum di suplai ke boiler dipanaskan terlebih dahulu menggunakan limbah panas dari chimney.

  • Sistem Steam
Sistem steam adalah proses pengontrolan produksi steam dalam boiler, seperti: kapasitas, pressure, dsb. Selanjutnya steam didistribusikan ke pengguna melalui jalur perpipaan.

  • Sistem Bahan bakar
Sistem bahan bakar adalah semua equipment atau peralatan yang digunakan untuk menyediakan bahan bakar boiler. Peralatan yang digunakan tergantung pada jenis bahan bakar yang digunakan boiler.

KLASIFIKASI BOILER
Berbagai bentuk boiler telah berkembang mengikuti kemajuan teknologi dan evaluasi dari produk-produk boiler sebelumnya yang dipengaruhi oleh gas buang boiler yang mempengaruhi lingkungan dan produk steamseperti apa yang akan dihasilkan. Berikut klasifikasi boiler yang telah dikembangkan:

a.        Berdasarkan tipe pipa :
#     Fire Tube:
Tipe boiler pipa api memiliki karakteristik : menghasilkan kapasitas dan tekanan steam yang rendah.
Cara kerja : proses pengapian terjadi didalam pipa, kemudian panas yang dihasilkan dihantarkan langsung kedalam boiler yang berisi air. Besar dan konstruksi boiler mempengaruhi kapasitas dan tekanan yang dihasilkan boiler tersebut.

#     Water Tube:
Tipe boiler pipa air memiliki karakteristik : menghasilkan kapasitas dan tekanan steam yang tinggi.
Cara Kerja : proses pengapian terjadi diluar pipa, kemudian panas yang dihasilkan memanaskan pipa yang berisi air dan sebelumnya air tersebut dikondisikan terlebih dahulu melalui economizer, kemudian steam yang dihasilkan terlebih dahulu dikumpulkan di dalam sebuah steam-drum. Sampai tekanan dan temperatur sesuai, melalui tahap secondary superheater dan  primary superheater baru steam dilepaskan ke pipa utama distribusi. Didalam pipa air, air yang mengalir harus dikondisikan terhadap mineral atau kandungan lainnya yang larut di dalam air tesebut. Hal ini merupakan faktor utama yang harus diperhatikan terhadap tipe ini.

b.       Berdasarkan bahan bakar yang digunakan :
#       Solid Fuel
Tipe boiler bahan bakar padat memiliki karakteristik : harga bahan baku pembakaran relatif lebih murah dibandingkan dengan boiler yang menggunakan bahan bakar cair dan listrik. Nilai effisiensi dari tipe ini lebih baik jika dibandingkan dengan boiler tipe listrik.
Cara kerja : pemanasan yang terjadi akibat pembakaran antara percampuran bahan bakar padat (batu bara, baggase, rejected product, sampah kota, kayu) dengan oksigen dan sumber panas.

#       Oil Fuel
Tipe boiler bahan bakar cair memiliki karakteristik : harga bahan baku pembakaran paling mahal dibandingkan dengan semua tipe. Nilai effisiensi dari tipe ini lebih baik jika dbandingkan dengan boiler bahan bakar padat dan listrik.
Cara kerja : pemanasan yang terjadi akibat pembakaran antara percampuran bahan bakar cair (solar, IDO, residu, kerosin) dengan oksigen dan sumber panas.

#       Gaseous Fuel
Tipe boiler bahan bakar gas memiliki karakteristik : harga bahan baku pembakaran paling murah dibandingkan dengan semua tipe boiler. Nilai effisiensi dari tipe ini lebih baik jika dibandingkan dengan semua tipe boiler berdasarkan bahan bakar.
Cara kerja : pembakaran yang terjadi akibat percampuran bahan bakar gas (LNG) dengan oksigen dan sumber panas.

#       Electric
Tipe boiler listrik memiliki karakteristik : harga bahan baku pemanasan relatif lebih murah dibandingkan dengan boiler yang menggunakan bahan bakar cair. Nilai effisiensi dari tipe ini paling rendah jika dbandingkan dengan semua tipe boiler berdasarkan bahan bakarnya.
Cara kerja : pemanasan yang terjadi akibat sumber listrik yang menyuplai sumber panas.
c.       Berdasarkan kegunaan boiler :
#       Power Boiler
Tipe power boiler memiliki karakteristik : kegunaan utamanya sebagai penghasil steam sebagai pembangkit listrik, dan sisa steamdigunakan untuk menjalankan proses industri.
Cara kerja : steam yang dihasilkan boiler ini menggunakan tipe water tube boiler, hasil steam yang dihasilkan memiliki tekanan dan kapasitas yang besar, sehingga mampu memutar steam turbin dan menghasilkan listrik dari generator.

#       Industrial Boiler
Tipe industrial boiler memiliki karakteristik : kegunaan utamanya sebagai penghasil steam atau air panas untuk menjalankan proses industri dan sebagai tambahan pemanas.
Cara kerja : steam yang dihasilkan boiler ini dapat menggunakan tipe water tube atau fire tube boiler, hasil steam yang dihasilkan memiliki kapasitas yang besar dan tekanan yang sedang.

#       Commercial Boiler
Tipe commercial boiler memiliki karakteristik : kegunaan utamanya sebagai penghasil steam atau air panas sebagai pemanas dan sebagai tambahan untuk menjalankan proses operasi komersial.
Cara kerja : steam yang dihasilkan boiler ini dapat menggunakan tipe water tube atau fire tube boiler, hasil steam yang dihasilkan memiliki kapasitas yang besar dan tekanan yang rendah.

#       Residential Boiler
Tipe residential boiler memiliki karakteristik : kegunaan utamanya sebagai penghasil steam atau air panas tekanan rendah yang digunakan untuk perumahan.
Cara kerja : steam yang dihasilkan boiler ini menggunakan tipe fire tube boiler, hasil steam yang dihasilkan memiliki tekanan dan kapasitas yang rendah

#       Heat Recovery Boiler
Tipe heat recovery boiler memiliki karakteristik : kegunaan utamanya sebagai penghasil steam dari uap panas yang tidak terpakai. Hasilsteam ini digunakan untuk menjalankan proses industri.
Cara kerja : steam yang dihasilkan boiler ini menggunakan tipe water tube boiler atau fire tube boiler, hasil steam yang dihasilkan memiliki tekanan dan kapasitas yang besar.

d.      Berdasarkan konstruksi boiler :
#       Package Boiler
Tipe package boiler memiliki karakteristik : perakitan boiler dilakukan di pabrik pembuat, pengiriman langsung dalam bentuk boiler.

#       Site Erected Boiler
Tipe site erected boiler memiliki karakteristik : perakitan boiler dilakukan di tempat akan berdirinya boiler tersebut, pengiriman dilakukan per komponen.

34 komentar:

efisiensi boiler mengatakan...

lengkapnya juga paparannya gan...salam kenal dan kebetulan kami juga bergerak dalam bidang pemasaran alat khusus untuk mengefesiensikan bahan bakar boiler, silahkan kunjungi situs kami bila ingin komunikasi lebih lanjut, trms

Mata Dunia mengatakan...

Terima kasih atas informasinya mas. setelah membacanya jadi tau mengenai boiler

Unknown mengatakan...

saya butuh buku tentang boiler, dimana ya saya bisa mendapatkan buku tersebut, saya sudah mecari di beberaa toko buku , bahkan di gramedia, tapi tidak menemukan,.. tolong kalau ada buku tentang boiler bisa email di rosaemil69@yahoo.com

Unknown mengatakan...

saya butuh informasi mengenai air kondensat ? mohon d shere dong..
atau ke e-mail : yerifebrian50@gmail.cm

Unknown mengatakan...

bagia2 dan gambarnya gan

Anonim mengatakan...

kontol

Lordfintube mengatakan...

Fin tubes,tubos aletados, acero inoxidable, anodized aluminum, Stainless Steel strip, aluminum tube, finned tube, DIN 2391 hydraulic tube, copper nickel tube, Valve & Pipe Fitting Supplier at http://www.ts-aceroinoxidable.com

Anonim mengatakan...

mas saya mau tanya untuk menaikan suhu dari 60 derajat ke 70 derajat dengan ruangan 4 ruangan caranya gimana ya,sama rumusnya.trims

Unknown mengatakan...

Mantap Gan,bisa nambah ilmu.By the way numpang lapak,kami dari PT.EVA DUTA PERKASA menyediakan chemical treatment untuk Boiler.Contact me 081 330 573 392

ariezal musthofa mengatakan...

Semoga barokah ilmunya. Terima kasih

ariezal musthofa mengatakan...

Semoga barokah ilmunya. Terima kasih

bhejoe mengatakan...

artikel nya lengkap & sangat membantu.
terima kasih gan

Unknown mengatakan...

GENSET INDUSTRI TERMURAH dan BERKUALITAS

PT.Arto Bangun Cahaya adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang generator set.
kami menyediakan aneka kapasitas genset mulai dari 10-2000 KVA dengan berbagai merk engine (Perkins,Commins,Duetz,Lovol,Foton dll ) dan generator (Stampord,LeroySomer,dan Daigenko ) baik genset tipe silent,open dan portable,kami memberikan Garansi Kualitas Produk ABC Power Genset dan after sales service yang baik.kami juga menjamin setiap genset yang kami tawarkan adalah 100% baru dan terjamin kualitasnya

bisa hubungi kami : (021) 3454588
(021) 36026226
Jalan Kamal Muara II no.10 Jakarta Utara, 14470 Indonesia
HP : 0877 800 800 86
http://www.hargagensetabc.com

Unknown mengatakan...

Thanxs ilmunya...kebetulan saya profesi di boiler 25ton di industri kertas...

yuhuu mengatakan...

kami dari perusahaan Supply & Transportasi baha bakar minyak PT. ATJ menawarkan jasa pengadaan solar industri (HSD) dengan harga yang sangat kompetitif dan terjangkau untuk wilayah jawatimur dan jawatengah.
barang siap dikirim setelah adanya PO dan bersifat legal (legal & Full Document.
proses pengiriman 2 (dua) hari.
pembayaran bisa dilakukan mundur dengan menggunakan BG (Billyet Giro).
jika ada percepatan dan atau keterlambatan pengiriman akan kami hubungi sebelumnya.


salam Marketing Business PT. ATJ
Andi A.
081330231689
Email : sayarifqi88@gmal.com

Unknown mengatakan...

Perkenalkan kami dari PT.Burlington indonesia yang bergerak di bidang Chemical,yang berproduksi sendiri di pabrik n kantor kita di kawasan ndustri Millenium tigaraksa tangerang..

Untuk info lengkapnya bisa hub :
Dian Suko
Marketing,

081-210-316-318

Ferry S.H. mengatakan...

Kami butuh candidat utuk posisi engineer boiler, turbin dan genset. Silakahkan email ke ferry.ghozali@euroasiatic.com

Unknown mengatakan...

Kalau butuh Condesate silahkan hubungi saya,Pak.081311103191.Thanks

Unknown mengatakan...

Saya Andre,bila butuh Condensate silahkan hubungi saya,Pak Ferry.HP : 081311103191

Jual Steam Boiler mengatakan...

Menarik untuk dipelajari,
Sudah banyak pemuda indonesia yang terjun di dunia Boiler.
Sudah waktunya kita ikut andil dalam pembuatan boiler jangan jadi penonton terus

https://bejanatekan.blogspot.com/ mengatakan...

salam kenal terimakasih artikelnya semoga bermanfaat

arifinindiradwimitra@gmail.com mengatakan...

artikel yang baik sangat bermanfaat dan membantu, trimakasih
https://www.jualboiler.com/2018/09/04/jual-boiler-pabrik-kelpa-sawit/

Zaenal Boiler mengatakan...

good article, successful greetings

Unknown mengatakan...

Bagai mana cara nak dapatkan buku panduan belajar boiler ne

Unknown mengatakan...

Apa yang sangat mempengaruhi Blowdown ???

Sewa Undername Import Lengkap Dan Murah mengatakan...

Dengan Hormat,
Perkenalkan kami dari PT.MEGATON SAMUDERA ASIA International Freight Forwarding, melayani pengirimam dengan pembelian EX WORKS, FOB, C&F, CIF, dari seluruh Negara dan service yang kami tawarkan sebagai berikut :

 Sea and Air Cargo Service
 Customs Clearance Service
 International Courier Services
 Jasa Import Door To Door
 Import Borongan Mesin Bekas
 Undername Import KUOTA SPI Biji Plastik
 Undername Import KUOTA SPI Besi & Baja
 Borongan ( All-In )
 Undername (Penyewaan Consegnee)

Demikianlah Penawaran Jasa ini kami ajukan Kepada Perusahan yang Bpak/Ibu Pinpin Semoga terjalin kerjasama dengan Baik Untuk yang akan datang, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

PT.MEGATON SAMUDERA ASIA
Gedung Pembina Graha Lt. 02 Room. 221
Jl.D.I Penjaitan No.45 Rawa Bunga Jakarta 13350

Contact :
Tlp : +62 21 – 8591 7799
Fax : +62 21 – 2232 6705
Web : www.importundername.com
Web : www.msalogistics.co.id
Web : www.undernameimport.com
Web : www.profesionalcustoms.com
BP. ZAIN
Hp.Wa 08124888854
Hp.Wa 08122223856

Tommy mengatakan...

menjual berbagai macam jenis chemical untuk cooling tower,boiler dan chiller untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi di email:tommy.transcal@gmail.com

Tommy mengatakan...

menjual berbagai macam jenis chemical untuk cooling tower,boiler dan chiller untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi di email:tommy.transcal@gmail.com

POMPA INDONESIA mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
POMPA INDONESIA mengatakan...

Tank' admin salam kenal
Jual Steam Boiler/ketel Uap

Dian Ermawan mengatakan...

Terimakasih info yg sangat baik untuk tambah pengetahuan izin copas dan share ya

Rosa Moore mengatakan...

The Daily Thrive mengucapkan banyak terimakasih info yg sangat baik untuk tambah pengetahuan.

slamet boiler idm mengatakan...

salamkenal artikel nya sangat bermanfaat terimakasih .https://www.jualboileridm.com

Tommy mengatakan...

Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.
Harga
Terjangkau
Spesial
Solusi
Penawaran spesial


Salam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management

OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical
Hand sanitizer
Evaporator
Oli Grease
Karung
Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO

Posting Komentar